Rabu, 24 Februari 2010

JARINGAN SOSIAL KELUARGA PAK ADI












Keterangan :
: Mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan keluarga
: Mempunyai hubungan yang dekat dengan keluarga
: Mempunyai hubungan tidak dekat dengan keluarga


Kondisi Keluarga
Keluarga Adi (nama samaran) adalah keluarga tidak mampu, mereka tinggal di rumah kontrakan ukuran 3 x 3 m² yang harus dibayar sebesar Rp. 300.000 per bulan. Keluarga ini mempunyai enam orang anak. Saat ini yang menjadi tanggungan keluarga adalah empat orang anak. Kepala keluarga tidak mempunyai penghasilan tetap, biasanya dia bekerja sebagai seorang sopir, akan tetapi akhir-akhir ini berhenti karena tidak mempunyai SIM. Sedangkan untuk mengurus SIM keluarga ini tidak mempunyai uang. Karena berhenti menjadi sopir, pak Adi biasa membantu di bengkel dan penghasilan per bulan paling banyak Rp. 500.000. Ibu keluarga juga tidak mempunyai penghasilan tetap, biasanya mendapat uang dengan memijit dan ngelulur.
Kondisi yang sedang dialami saat ini adalah bahwa ibu keluarga dalam keadaan sakit karena ada kanker dalam kandungan yang menurut dokter harus segera dioperasi. Akan tetapi karena tidak mempunyai biaya, hingga saat ini ibu tersebut belum dioperasi.
Selain permasalahan di atas, salah satu anak dari keluarga berhenti sekolah karena tidak mempunyai biaya untuk melanjutkannya.
Jaringan Sosial keluarga
1. Pelanggan : pelanggan dari ibu keluarga yang biasa dipijit atau luluran. Pelanggan ini sering memberikan bantuan, baik berupa makanan, pakaian dan uang. Ibu keluarga sering diminta untuk membantu memasak dan sepulangnya kerumah membawa makanan. Dan bahkan hingga saat ini ada satu ibu yang biasa membantu dengan memberi beras, dan bila tiba bulan puasa memberi uang untuk membeli pakain anak-anak.
2. Orang tua : dengan orang tua hubungan mereka juga sangat dekat, namun mereka juga adalah keluarga tidak mampu, sehingga tidak dapat membantu keluarga bila ada kesulitan.
3. Paman : hubungan keluarga ini dengan paman dari pak Adi sangat dekat, saat ini anak-anak tidur di rumah paman tersebut karena tidak memungkinkan untuk mereka tidur bersama. Namun keluarga paman tersebut juga tergolong keluarga tidak mampu.
4. Ibu-ibu pengajian : ibu - ibu pengajian sering memberi perhatian dan memberi dukungan jika keluarga mengalami kesulitan.
5. Saudara : hubungan keluarga dengan saudara baik, akan tetapi jarang berhubungan satu sama lain, hanya jika ada acara-acar tertentu.
6. Tetangga : hubungan keluarga dengan tetangga baik, namun jarang membantu secara materi keluarga bila ada kesulitan.
7. Majikan : yaitu majikan dari pak Adi yaitu yang memberi pekerjaan kepada pak Adul
8. RT : Keluarga berhubungan dengan RT jika ada hal –hal yang perlu seperti mengurus surat-surat keperluan keluarga.
9. RW : Keluarga berhubungan dengan RT jika ada hal –hal yang perlu seperti mengurus surat-surat keperluan keluarga.
10. Sekolah, keluarga berhubungan dengan sekolah berkaitan dengan kebutuhan anak di sekolah.
11. Puskesmas : puskesmas tempat berobat jika ada anggota keluarga yang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar